Peluang Bisnis Kontrakan Sebagai Investasi

IKLAN 1

Bisnis properti kini sedang ramai dibicarakan di kalangan para investor. Hal ini tidak mengeherankan, karena bukan keuntungan yang sedikit yang bisa Anda kantongi ketika Anda sukses merintis bisnis properti. Aset yang tahan lama dan dapat dimanfaatkan untuk jangka waktu yang panjang adalah keuntungan lainnya yang bisa didapatkan.

Banyak ragam bisnis properti yang bisa Anda lakoni, salah satunya adalah bisnis kontrakan rumah. Anda yang tertarik untuk memulai investasi bisnis kontrakan tidak perlu ragu untuk melangkah.

IKLAN 3

Anda bersedia mencari modal untuk membeli tanah, membangun rumah lalu pertimbangkan beberapa hal berikut ini agar bisnis yang Anda geluti mendapatkan hasil yang maksimal.

index

Peluang Bisnis Kontrakan Sebagai Investasi

Berikut ini adalah hal-hal yang harus diperhatikan bagi Anda yang tertarik mencoba peluang bisnis kontrakan sebagai investasi.

  • Tentukan Jenis Kontrakan yang ingin Anda pilih

Cara investasi ini adalah dengan mengeluarkan modal untuk membeli tanah atau rumah lalu menyewakannya. Akan butuh waktu yang relatif lama ketika Anda lebih memilih menyicil membeli tanah lalu mendirikannya secara perlahan.

Tapi jika Anda memiliki dana yang besar, Anda bisa membeli tanah, membangun rumah, menentukan desai, menentukan jumlah ruangan dan jumlah Kamar, bahkan bisa membuat banguan berlantai tiga atau lebih. Artinya jika Anda membangun rumah untuk kontrakan secara mandiri, maka rumah tersebut akan berdiri sesuai dengan selera Anda.

Ketika Anda lebih memilih untuk membangun sendiri pilihlah material yang terbaik agar bangunan dapat bertahan lama. Dengan demikian Anda tidak perlu merogoh kocek untuk melakukan renovasi dalam waktu yang relatif singkat. Sementara jika Anda lebih memilih untuk membeli rumah yang sudah berdiri, Anda harus benar-benar memperhatikan kualitas rumah yang akan dibeli.

  • Letak Strategis

Tempat yang seperti apa sih yang dikatakan strategis? Jelas, tempat yang dapat menjangkau banyak tempat seperti tempat perbelanjaan, fasilitas umum, maupun lembaga pendidikan. Tempat yang seperti itu banyak orang mengincar, sehingga kecil kemungkinan kontrakan Anda tidak ada yang menyewa. Misal anda berada di pusat Kota Semarang dan ingin membuat bisnis kontrakan disemarang. Jika anda sudah memiliki tempat yang strategis selanjutnya anda buat perencanaan desain kontrakan dan biayanya.

  • Desain Rumah yang Nyaman

Selain strategis, desain rumah adalah hal lain yang dipertimbangkan oleh penyewa rumah kontrakan. Rumah yang tidak terlalu besar atau minimalis banyak disukai oleh penyewa, karena tidak akan membutuhkan waktu yang lama saat dibersihkan dan yang pasti akan mudah saat Anda bersihkan. Sirkulasi udara adalah hal lain yang harus Anda perhatikan, karena sirkulasi udara yang cukup bisa bikin penghuni nyaman.

  • Nilai Plus Rumah Kontrakan

Seperti apa sih nilai tambah rumah kontrakan? Jelas dong keuntungan yang bisa didapatkan saat penyewa tinggal di rumah tersebut seperti kawasan yang bebas macet, bebas banjir, dan lain sebagainya.

IKLAN 2
  • Biaya Sewa

Biaya sewa adalah hal penting yang tidak akan lepas dari pertimbangan penyewa. Untuk menentukan biaya sewa, Anda bisa menyesuaikan dengan bentuk desain rumah, lokasi rumah, dan juga sasaran penyewa.

Sebagaimana hukum ekonomi, tentu saja semakin strategis letak rumah akan semakin tinggi harga yang harus dibayar. Selain itu, bentuk rumah juga menjadi pertimbangan lain dalam menentukan harga sewa, apakah rumahnya minimalis, cukup besar, atau justru sangat besar. Misal untuk harga kontrakan semarang tentu akan berbeda dengan kontrakan di Jakarta.

  • Perawatan Rumah Kontrakan

Ketika rumah kontrakan tersebut sudah berdiri, Anda harus rutin membersihkan rumah tersebut agar penyewa merasa nyaman saat sewaktu-waktu ingin menyurvai rumah Anda. Selain itu, rumah yang terawat tentu akan berpengaruh terhadap daya tahannya, rumah terawat biasanya tidak mudah rusak.

Bersihkan rumah kontrakan secara rutin dan pastikan pula setiap item di rumah tersebut berjalan dengan normal, seperti pompa air dan listrik.

  • Lengkapi rumah Anda dengan Proteksi

Peluang investasi di rumah kontrakan memang sangat besar karena keuntungannya bisa Anda petik dalam jangka panjang. Selain itu, setelah rumah berdiri Anda juga tidak perlu mengeluarkan biaya operasional terus menerus. Anda hanya perlu merawatnya dengan baik dan mempromosikannya jangan sampai rumah kontrakan Anda tidak berpenghuni dalam waktu yang lama.

Keuntungan dan kerugian bagai dua sisi mata uang yang tidak bisa dipisahkan. Artinya, bukan berarti investasi rumah kontrakan tidak akan bikin Anda mengalami kerugian. Kebakaran, banjir, puting beliung, gempa bumi, dan bencana alam lainnya adalah hal yang bisa bikin rumah kontrakan Anda porakporanda.

Bisa Anda bayangkan berapa ratus juta atau bahkan milyar Anda mengalami kerugian saat rumah yang Anda berdirikan dengan susah payah runtuh dalam seketika. Nah usaha yang bisa Anda lakukan untuk melindungi rumah Anda dari kerugian yang demikian, Anda bisa mengasuransikan dengan asuransi properti.

Peluang Bisnis Kontrakan Sebagai Investasi

Bisnis properti memiliki keuntungan yang menggiurkan. Harga sewa yang semakin tinggi seiring berjalannya waktu membuat pasokan rupiah yang Anda kantongi semakin tinggi pula. Sebagaiman namanya, investasi adalah tabungan masa depan Anda.

Nah, ketika Anda sudah memeras keringat membuat banyak ruma kontrakan, Anda tidak perlu risau dengan hari tua. Anda hanya perlu memastikan rumah-rumah Anda ada yang menyewa dan melakukan perawatan secara berkala saat rumah tidak ada yang menghuni.

Sulit tidak sih mencari penyewa? Fakta, jutaan orang di Indonesia masih belum memiliki tempat tinggal. Namun, mereka tidak bisa menafikan keberadaan tempat berteduh mereka.

Ketika belum ada dana untuk membangun rumah, menyewa kontrakan ada solusi yang paling tepat. Rumah kontrakan juga bisa menjadi incaran para pekerja, karyawan, mahasiswa, bahkan mereka yang baru membina rumah tangga.

Bagaimana, apakah sekarang Anda sudah mantap untuk mulai investasi di bisnis kontrakan? Modal tidak sedikit, tapi berbanding lurus dengan keuntungannya juga yang jauh lebih besar. Semangat untuk Anda para mental bisnis! Semoga Bisnis yang Anda lakoni berjalan dengan lancar!!

IKLAN 4
Peluang Bisnis Kontrakan Sebagai Investasi | Ira Nurhasanah | 4.5