Mengenal Supply Chain Management dan Proses-prosesnya

IKLAN 1

Supply chain management menjadi aspek penting dalam bisnis. SCM sendiri merupakan fondasi yang mendukung pemenuhan konsumen yang dilakukan oleh bisnis manufaktur, ritel, dan juga grosir. SCM menjadi penentu keberhasilan dari bisnis-bisnis tersebut. Supply chain atau rantai pasokan dalam setiap bisnis ini berbeda-beda. Yang paling dasar melingkupi perusahaan, pemasok, dan juga pelanggan perusahaan tersebut. Untuk perusahaan yang lebih besar maka cakupan  dari SCM akan lebih luas lagi.

Mengenal Supply Chain Management dan Proses-prosesnya

IKLAN 3

Pengertian

Supply chain management adalah rangkaian kegiatan yang diperlukan untuk merencanakan, mengendalikan, dan juga menjalankan arus produk. Hal ini juga akan meliputi perolehan bahan baku, proses produksi, sampai dengan distribusi sampai ke konsumen akhir. Cara ini paling efisien dan juga lebih hemat dalam hal biaya. SCM juga menjadi usaha yang luas dan kompleks sangat tergantung pada setiap mitra, dari pemasok, hingga produsen, dan juga seterusnya supaya aktivitas bisa berjalan lebih baik. Tujuan dari supply chain sendiri adalah lebih memaksimalkan nilai pelanggan dan juga mendapatkan keunggulan yang lebih kompetitif di pasaran. Agar bisa menapai tujuan itu dibutuhkan upaya baik menggunakan strategi bisnis maupun dengan perangkat lunak khusus.

IKLAN 2

Proses

Setelah Anda tahu pengertian dari SCM ada baiknya jika Anda tahu proses-proses yang ada dalam supply chain management tersebut. Supply chain ini akan melibatkan banyak proses mulai dari persiapan produksi sampai dengan pemenuhan kebutuhan konsumen. Berikut ini adalah penjelasan tentang peran dan fungsi proses di dalam SCM:

  1. Perencanaan

Ada beberapa aktivitas yang dilibatkan dalam setiap perencanaan, mulai dari perkiraan permintaan konsumen, perencanaan produksi, perencanaan pembelian, sampai dengan  persiapan tenaga kerja dan juga transportasi. Perkiraan permintaan konsumen dilakukan agar penjual bisa mengetahui jenis dan jumlah produk yang harus disiapkan dalam kurun waktu tertentu. Hal ini penting untuk memastikan jika produk yang akan diproduksi itu sama dan sesuai dengan jumlah permintaan konsumen.

  1. Pembelian atau pengadaan

Pengadaan merupakan perolehan barang dengan harga terbaik dengan jumlah yang tepat dan juga waktu yang tepat. Proses pengadaan ini akan melibatkan beberapa tahap seperti pengajuan pembelian, penilaian pengajuan, persetujuan pembelian, dan juga pemesanan ke pihak pemasok. Admin akan memiliki tanggung jawab mencatat apa saja yang harus dibeli dan juga mengajukannya ke manajer pembelian.  Pengadaan ini akan mudah jika perusahaan atau bisnis Anda menggunakan bantuan sistem manajemen pembelian.

  1. Produksi

Proses dalam SCM terakhir adalah produksi dimana di sini seluruh bahan baku akan diolah menjadi produk jadi. Proses ini tidak hanya menggunakan tenaga manusia namun menggunakan tenaga mesin. Penghentian proses produksi yang dilakukan hanya akan membuat pelanggan tidak puas sehingga downtime harus dihilangkan agar produktivitas kerja semakin meningkat.

Demikianlah pengertian supply chain management dan juga proses-proses di dalamnya, semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda.

IKLAN 4
Mengenal Supply Chain Management dan Proses-prosesnya | Makka El Fatih Setiawan | 4.5