Kenali Penyebab Penyebab Biang Keringat dan Cara Mengatasinya

IKLAN 1

Gangguan kesehatan tentu saja sangat mengganggu aktivitas dan rutinitas harian kita. Tentu saja banyak kegiatan serta agenda yang akan terhambat apabila kita sedang dalam kondisi tidak fit. Gangguan kesehatan tidak melulu penyakit yang kronis maupun akut tetapi juga rasa sakit atau rasa tidak nyaman yang membuat aktivitas jadi terganggu. Salah satunya adalah biang keringat, tahukah anda bahwa penyebab biang keringat adalah disebabkan oleh bakteri yang ada pada kulit dan berkembang biak karena keadaan kulit yang lembab dan kotor.

Inilah_X_Jenis_dan_Gejala_dari_Biang_Keringat

IKLAN 3

Banyak yang beranggapan bahwa biang keringat hanya menjangkit bayi dan anak-anak saja, tetapi nyatanya orang dewasa juga banyak yang mengalami biang keringat.  Biang keringat umumnya menjangkit kulit tubuh di bagian tengkuk hingga punggung.  Biang keringat ditandai dengan munculnya ruam kemerahan atau bintik kemerahan yang berukuran kecil dan menyebar.  Rasa gatal umumnya dirasakan oleh penderita, jika digaruk biang keringat bisa dengan menyebar dengan cepat dibagian kulit yang sehat disekitarnya serta menimbulkan sensasi perih.  Bagi anda yang saat ini sedang memiliki permasalah dengan biang keringat, anda wajib membaca informasi berupa cara Kenali Penyebab Penyebab Biang Keringat dan Cara Mengatasinya berikut ini.

Penyebab biang keringat :

  • Iklim tropis yang terjadi secara mendadak maupun jangka waktu yang cukup lama dapat memicu terjadinya biang keringat. Hal itu terjadi karena cuaca serta suhu yang panas namun kelembaban tinggi dan membuat kulit menjadi sarang bakteri.
  • Penggunaan pakaian dengan bahan yang cukup tebal serta tidak menyerap keringat adalah salah satu faktor penyebab biang keringat. Keringat yang bercampur kuman serta bakteri bisa membuat kulit menjadi ruam serta iritasi.
  • Ada beberapa aktivitas tertentu yang teryata bisa memicu biang keringat. Aktivitas ini biasanya yang sangat menguras energi dan berpotensi memicu keringat berlebih seperti olahraga dan pekerjaan yang berat.
  • Kelenjar keringat yang belum berkembang sempurna pada bayi bisa memicu terjadinya biang keringat yang ditandai dengan ruam di sekitar punggung yang merupakan bagian kulit paling rentan.
  • Istirahat yang terlalu lama bukan hanya tidak baik bagi metabolisme tubuh tetapi juga membuat punggung rentan berkeringat akibat sirkulasi udara yang ada di punggung tidak berjalan dengan baik.

Cara mengatasi biang keringat :

IKLAN 2
  • Menjaga kulit tetap sejuk serta menurunkan kadar keringat bisa jadi cara efektif untuk mengatasi biang keringat. Anda bisa beristirahat sejenak atau mandi untuk membuat pori-pori kulit menjadi terbuka serta menurunkan suhu tubuh.
  • Pilih bahan pakaian yang tepat seperti katun atau rayon yang tetap membuat kulit bisa bernafas dengan bebas. Hindari pakaian yang ketat atau sempit agar keringat tidak terjebak.
  • Melakukan aktivitas fisik secara seimbang serta mengganti baju jika baju dirasa sudah lembab bahkan basah bisa jadi bentuk pencegahan yang baik untuk membuat biang keringat pergi.
  • Mandi setidaknya 2 kali dalam satu hari menggunakan sabun antiseptic serta air bersih dan mengeringkan tubuh dengan handuk atau kain yang bersih.
  • Mengganti baju secara berkala apabila sudah dirasa kotor atau basah. Hindari menggunakan pakaian atau keadaan tubuh masih lembab karena bakteri akan senang hidup pada kondisi seperti ini.
  • Jika kulit anda sudah terlanjur terkena biang keringat, ada beberapa jenis obat topical yang bisa anda gunakan antara lain jenis krim hidrokortison yang mampu mengurangi rasa gatal serta iritasi di bagian kulit yang mengalami biang keringat. Anda juga bisa menggunakan lotion yang mengandung calamine untuk mengoobati biang keringat.

Biang_Keringat

Setelah mengetahui penyebab dan cara mengatasi biang keringat yang ampuh diatas, tentu ada baiknya anda juga harus menjaga kesehatan kulit serta menjaga kebersihan tubuh.  Pastikan bahwa penggunaaan obat untuk mengatasi biang keringat sudah anda konsultasikan oleh tenaga medis yang berpengalaman.  Jika biang keringat anda tidak kunjung sembuh, segeralah periksakan kondisi tubuh anda ke dokter, pusat layanan kesehatan untuk mengetahui solusi yang tepat mengatasi biang keringat. Semoga informasi serta tips yang kami berikan tadi bisa memberikan manfaat dan berguna untuk anda, selamat mencoba.

IKLAN 4
Kenali Penyebab Penyebab Biang Keringat dan Cara Mengatasinya | Syella | 4.5