Inilah Jenis Rayap Kayu Kering dan Basah

Anda pasti sudah sangat familiar dengan serangga bernama rayap yang sering menggerogoti kayu hingga keropos. Sebenarnya rayap ini ada 3 jenis,rayap tanah, rayap kayu basah, dan rayap kayu kering. Jika kategorinya diperuncing lagi, Rayap terbagi menjadi 2, yaitu rayap tanah dan rayap kayu. Nah turunan dari rayap kayu ini, dibagi lagi menjadi 2, yaitu rayap kayu basah dan rayap kayu kering.

Rayap basah dan rayap kering memiliki karakteristik dan habitat yang berbeda. Lantas, kayu seperti apa yang menjadi santapan dan habitat yang enak bagi rayap basah? Kayu dan habitat seperti apa yang bikin nyaman si rayap kering?

Perbedaan  Rayap Kayu Kering dan Basah

Meskipun keduanya sama-sama hama kayu, namun memiliki habitat dan pencegahan yang berbeda satu sama lain. Apa saja perbedaan mendasar antara keduanya?

Rayap Kayu Kering

Silent destroyer adalah julukan yang disandang oleh rayap jenis ini. Pasalnya, pasukan rayap ini habitatnya adalah di kayu-kayu kering, dan kita jarang menyadari kehadirannya hingga tanpa kerusakan yang parah di permukaan kayu.

Sebagaimana namanya, rayap ini biasa hidup di dalam ruangan dan di daerah yang kering. Selama ini, Rayap kayu identik dengan menyukai tempat lembab. Namun berbeda dengan kayu kering ini, mereka dapat beradapsi dengan lingkungan dengan cepat dan memangsa kayu di tempat yang kering.

Umumnya rayap jenis ini bisa ditemukan di dalam ruangan menghuni kusen, tangga kayu, plafon, dan juga perabotan. Kadang juga ditemukan dalam dinding. Sarang hama yang satu ini lebih sulit ditemukan dibandingkan dengan sarang hama pemangsa kayu lainnya, karena lokasinya yang dalam. Selain itu, mereka hanya memiliki kelompok yang kecil. Sehingga dengan mudah dapat berpindah sarang sambil terus memangsa kayu yang sudah berhasil dijadikan sarang mereka.

Rayap jenis ini cukup banyak dan tentu saja sangat merugikan, karena keberadaannya sulit dideteksi sejak dini. Walau demikian, tetap saja kita bisa menelisik jejaknya, salah satunya adalah dengan lebih teliti menelisik kotoran mereka.

Rayap Kayu Basah

Berbeda dengan rayap kering, jenis rayap yang satu ini memiliki habitat di luar ruangan. Mereka menghuni kayu yang berada di area yang lembab seperti taman, kebun, ladang yang ditanami tumbuhan berkambium, dan lain sebagainya.

Rayap kayu basah banyak ditemukan di tumpukan kayu yang sudah tidak dipakai. Mereka biasanya bersarang di dalam tanah yang sarangnya langsung terhubung ke kayu tersebut.  Mereka sangat nyaman di tempat yang lembab dan tidak mampu hidup di tempat yang kering seperti jenis rayap sebelumnya.

Kasta Rayap Kering dan Rayap Basah

Walaupun keduanya memiliki karakteristik dan habibat yang berbeda, namun kastanya tetap sama.

Pekerja

Kelompok rayap ini jumlahnya paling banyak, ukuran paling mini dan memiliki warna lebih muda. Kasta ini bekerja tiap hari untuk menghidupi rayap Kasta lainnya. Mereka mencari makan, mengurus sarang, dan menyediakan makanan untuk rayap lain. Jika Anda melihat sekumpulan rayap keluar dari sarang, itulah mereka rayap si kasta pekerja

Di samping Kasta pekerja, ada Kasta prajurit yang berukuran lebih besar dan menjaga sarang. Biasanya menggigit siapapun yang mengganggu sarang.

Itulah uraian tentang jenis-jenis rayap. Jika Anda membutuhkan pnegusir rayap profesional, segera hubungi jasa anti rayap Bali. Semoga bermanfaat

Inilah Jenis Rayap Kayu Kering dan Basah | Ira Nurhasanah | 4.5