Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Jual Laptop Bekas

IKLAN 1

Keputusan yang diambil ketika hendak membeli laptop baru biasanya adalah dengan cara jual laptop lama. Perkara ini sudah menjadi alasan umum dan dilakukan oleh sebagian pengguna laptop yang ingin melakukan upgrade. Meski begitu tidak sedikit juga yang menjual laptop bekas yang biasa dipakai dengan alasan lain seperti butuh uang mendesak atau karena memang tidak akan digunakan lagi.

Apapun alasan menjual laptop bekas pakai apalagi milik anda sendiri, ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum memutuskan untuk menjualnya. Ini penting sekali karena laptop konsumsi pribadi tentu akan erat kaitannya dengan dokumen dan arsip pribadi. Sehingga setelah laptop berpindah tangan, dokumen dan arsip pribadi anda tidak ikut berpindah tangan ke pemilik baru laptop anda. Berikut ini adalah beberapa hal yang harus anda lakukan sebelum menjual laptop bekas.

IKLAN 3

Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Jual Laptop Bekas

Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Jual Laptop Bekas

  1. Back Up Data

Menyalin data baik itu berupa dokumen, foto-foto, file berisi kata sandi, akun dan berbagai hal yang bersifat pribadi dan rahasia, penting sekali dilakukan agar semua data-data yang ada pada laptop yang akan dijual tetap aman dalam kepemilikan anda. Untuk lebih amannya anda bisa mem-back up seluruh data yang ada pada harddisk laptop sehingga tidak ada yang tertinggal dalam proses penyalinan datanya.

  1. Hapus Data

Setelah selesai menyalin semua data yang ada di laptop yang akan anda jual, selanjutnya adalah menghapus semua data yang tersimpan pada partisi selain C atau sistem karena semua data yang tidak tersimpad di C biasanya tidak akan terhapus meskipun telah dilakukan install ulang sistem operasi pada laptop.

IKLAN 2

Anda bisa menghapus data secara manual satu persatu atau juga dengan menggunakan software tertentu yang memiliki fungsi dan keguanaan sebagai penghapus data keseluruhan di laptop. Software seperti ada banyak di internet dan bisa anda unduh gratis jika ingin mempergunakannya. Atau anda juga bisa memformat data langsung dari sistem yang tersedia di perangkat laptop edngan memilih format single part pada harddisk.

Format single part pada harddisk ini memungkinkan penghapusan data secara permanen sehingga orang lain yang bermaksud akan recovery data dari laptop tidak akan bisa melakukannya meskipun menggunakan software recovery data tercanggih sekalipun. Langkah ini tentu lebih aman dan tidak akan membuat data personal anda berpindah tangan ke pemilik laptop baru.

Dan sebagai langkah antisipasi untuk benar-benar memastikan data pada laptop telah benar-benar terhapus secara permanen dan tidak bisa di revocery kembali, anda bisa menghapus data dengan 7 kali pass. Dengan begitu maka bisa dipastikan bahwa data-data yang dihapus tidak akan meninggalkan jejak dan tidak bisa di restore kembali.

  1. Install Ulang Sistem Operasi

Memasang ulang sistem operasi pada perangkat laptop menjadi hal yang tidak boleh dianggap sepele sebab ini akan menjadi nilai lebih dalam transaksi penjualan laptop bekas nanti. Bayangkan saja laptop yang telah diinstall ulang tentu akan memiliki kinerja yang lebih baik ketimbang laptop dengan software dalam penggunaan lama. Selain itu, pembeli pun tidak akan direpotkan lagi dengan harus menginstall ulang OS dikemudian hari. Ini tentu tidak hanya menguntungkan pembeli tetapi anda juga sebagai penjual laptopnya.

Perlu diperhatikan juga, sebaiknya anda hindari pemasangan sofware bajakan pada laptop. Agar laptop yang dijual laku dengan harga tinggi, pasanglah software asli atau lakukan restore pada laptop sehingga perangkat lunak yang terpasang di dalamnya menjadi kembali seperti pada saat bawaan pabrik secara otomatis.

Biasanya reset laptop menjadi bawaan pabrik bisa dilakukan menggunakan restore CD yang telah disertakan dalam paket pembelian laptop baru.

Namun apabila calon pembeli dirasa tidak akan keberatan dengan software bajakan yang terpasang pada laptop maka itu terserah anda. Hanya saja software bajakan secara kualitas tentu akan berbeda dengan versi aslinya walaupun memang untuk urusan harga software lebih murah dan bahkan bisa didapat secara gratis dari situs penyedia unduhan software crack yang telah tersebar di internet. Dan yang terpenting hal ini termasuk dalam perbuatan ilegal yang bisa menyeret pelakunya kejalur hukum akibat dari pemakaian software bajakan.

Demikian ulasan mengenai Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Jual Laptop Bekas. Pastikan anda telah melakukan beberapa poin yang diutarakan di atas sebelum memutuskan menual laptop bekas. Selamat mencoba.

IKLAN 4
Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Jual Laptop Bekas | Farid | 4.5