Cara Partisi Hardisk Windows 8 Dengan Mudah

Cara Partisi Hardisk Windows 8 Dengan Mudah – Setiap komputer pasti memiliki hardisk yang sudah di partisi atau dibagi-bagi. Untuk melakukan partisi hardisk pada tiap komputer atau laptop harus berhati-hati karena jika ada kesalahan maka kondisi komputer bisa semakin buruk. Biasanya melakukan partisi harddisk dilakukan pada saat memasang sistem operasi baru setelah terkena virus atau dalam kondisi baru. Salah satu sistem operasi Windows yang saat ini populer di masyarakat adalah Windows 8. Seperti biasa untuk membagi bagian harddisk dibutuhkan beberapa pertimbangan seperti berapa ukuran untuk drive C dan beberapa bagian drive lainnya. Biasanya untuk drive C diberikan ruang yang paling besar karena berguna untuk sistem operasi utamanya sedangkan untuk drive D dan E atau lainnya bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Memang, untuk melakukan partisi harddisk harus didampingi oleh ahlinya tetapi jika Anda sudah pernah melakukannya ada baiknya memperhatikan proses pengaturan partisi komputer Anda. Lalu bagaimana cara mengatur partisi di komputer atau laptop Anda?

Cara Partisi Hardisk Windows 8
Berikut ini beberapa langkah untuk partisi harddisk Windows 8:

1. Langkah Pertama yang bisa Anda lakukan adalah dengan meng klik kanan pada folder my computer di menu start atau windows explorer kemudian pilihlah menu manage.
2. Setelah itu akan muncul Windows Computer Management di layar monitor Anda kemudian klik storage lalu Anda pilih Disk Management Local.
3. Setelah memilih Disk Management Local, Anda bisa mengklik kanan pada partisi D kemudian klik shrink.
4. Kemudian nantinya akan muncul beberapa bagian dari harddisk komputer Anda. isikan angka yang Anda inginkan setelah itu klik shrink.
5. Setelah klik shrink maka format baru untuk partisi harddisk Anda bisa digunakan.
6. Prosesnya telah selesai setelah Anda mengklik shrink tadi, dan jika anda ingin menambah partisi atau mengurangi partisi dapat mengaturnya pada menu manage lagi.
7. Satu lagi tambahan yang mungkin sering di abaikan adalah tegangan listrik, usahakan keadaan listrik dalam kondisi stabil karena jika terjadi pemadaman mendadak bisa membahayakan harddisk Anda.

Advertisement

Mudah bukan? Untuk melakukan partisi harddisk pastikan Anda menguasai caranya. Bila perlu sebelum melakukan pastisi Anda bisa membackup data Anda agar tidak hilang. Untuk tempat backup data sebaiknya pilih harddisk eksternal yang kapasitasnya lebih besar dan memiliki ketahanan lebih baik daripada flashdisk. Jika Anda merasa masih kurang yakin akan melakukannya sendiri, berkonsultasilah dengan ahlinya yang sudah terbiasa melakukannya. Meskipun membayar lebih banyak tetapi komputer atau laptop Anda bisa selamat. Yang terpenting dari partisi harddisk laptop atau komputer adalah cara melakukannya dan beberapa bagian untuk drive C usahakan ukurannya lebih besar dari drive lainnya. Semoga informasi di atas bisa bermanfaat untuk Anda dalam melakukan partisi harddisk komputer atau laptop.

Cara Partisi Hardisk Windows 8 Dengan Mudah | Rico TP | 4.5