Cara Mengembalikan File Penting yang Hilang dengan Menggunakan EaseUS Data RecoveryWizard?

IKLAN 1

File-file yang tiba-tiba hilang atau tidak sengaja terhapus secara permanen tentu akan menyulitkan Anda, apalagi jika file yang termasuk adalah dokumen penting untuk kebutuhan kerja atau tugas kuliah Anda. Dari banyaknya aplikasi recovery yang tersedia untuk laptop atau komputer, EaseUS Data RecoveryWizard merupakan aplikasi yang paling bagus untuk mengembalikan data.

Jika Anda tidak punya banyak budget untuk membelinya, lebih baik instal yang versi free-nya saja. Fitur-fitur yang tersedia kurang lebih sama dengan versi Pro-nya, yang paling terlihat membedakannya adalah besar data yang bisa dikembalikan. Untuk versi gratis, Anda bisa mengembalikan data sampai 500 MB, sedangkan versi Pro-nya tentu unlimited.

IKLAN 3

Lalu, bagaimana sih cara mengembalikan file dengan memakai EaseUS Data RecoveryWizard? Berikut cara-caranya.

1. Pastikan Anda menginstalsoftware-nya di drive yang berbeda dengan file yang hilang

Sebelum Anda memulai merecovery-nya, pastikan Anda menginstal software EaseUS Data Recovery Wizard di drive yang berbeda dengan drive tempat file Anda yang hilang dan ingin dicari. Misalnya saja file yang hilang berada di drive C, lebih baik jangan menginstalnya di drive C juga tapi di drive lainnya.

Tapi, jika file yang ingin Anda cari berada di flashdisk ataumemory eksternal lainnya, tidak masalah kalau Anda menginstalnya di drivemanapun.

New EaseUS Data Recovery Wizard

2. Lakukan scanning

Setelah selesai menginstalnya, langkah yang harus Anda lakukan setelah itu adalah melakukan scanning. Kalau Anda tidak mengetahui pasti di mana letak file yang hilang itu berada, pilih saja drive atau lokasi partisinya. Tapi jika Anda ingat, klik saja di browsernya dan tentukan lokasinya. Usahakan saja Anda mengingatnya agar proses scanningnya lebih cepat dan Anda tidak perlu menunggu lama.

IKLAN 2

New EaseUS Data Recovery Wizard-

3. Pilih file yang hilang untuk dikembalikan

Jika proses scanning sudah selesai, akan muncul file-file yang terhapus. Anda cukup memberikan tanda centang saja di file yang Anda ingin kembalikan. Meskipun tidak selalu berada di lokasi yang tepat atau berganti lokasi, Anda tetap menemukan semua file-file yang Anda butuhkan.

Jika sudah memilihnya, klik saja di tombol Recover. Kemudian, tentukan lokasi penyimpanan berikutnya di tempat yang berbeda sebelum file tersebut hilang. Misalnya saja jika file tersebut hilang di flashdisk, Anda bisa menyimpannya di drive C maupun drive lainnya di komputer atau laptop.

New EaseUS Data Recovery Wizard_

Kalau Anda mengikuti cara-cara di atas, file yang Anda cari bisa dikembalikan secara utuh. Anda sudah tidak perlu khawatir lagi ketika Anda tergesa-gesa mencari file-filenya yang hilang. Cukup menggunakan EaseUS Data RecoveryWizard, file-nya pun kembali secara utuh sama seperti sebelumnya.

Agar file-file Anda tidak tiba-tiba hilang atau terhapus, lebih baik pasang anti virus karena biasanya virus-virus tertentu bisa menghapus file Anda secara permanen. Cara lainnya adalah jangan tergesa-gesa membersihkan file yang tidak penting. Pastikan Anda menghapusnya di nama file yang tidak Anda butuhkan lagi.

IKLAN 4
Cara Mengembalikan File Penting yang Hilang dengan Menggunakan EaseUS Data RecoveryWizard? | Makka El Fatih Setiawan | 4.5