Cara Mengatasi Android Lemot / Loading Lama

Cara Mengatasi Android Lemot / Loading Lama – Ketika pertama membeli tentu perangkat Android manapun akan terasa cepat. Namun seiring waktu performa dari perangkat bisa saja menjadi lemot. Hal tersebut tidak sepenuhnya buruk, namun juga tidak sepenuhnya baik. Ada beberapa cara mengatasi Android lemot yang bisa Anda lakukan. Sebagian diantaranya berhubungan dengan manajemen kebiasaan Anda sendiri.

  1. Melakukan identifikasi masalah

Spekulasi sebaiknya dihindari, karena hanya akan membuang waktu Anda, kecuali jika Anda menggunakan alat khusus untuk mengukurnya dengan tingkat ketepatan yang tinggi, semisal menggunakan aplikasi Trepn Profiler buatan Qualcomm. Aplikasi ini dikatakan bisa memonitor perangkat Android, memberi gambaran beban CPU, lalu lintas jaringan data maupun wifi, GPU, serta RAM secara real-time.

Unduh: https://play.google.com/store/apps/details?id=com.quicinc.trepn&hl=en

Cara Mengatasi Android Lemot

  1. Memberi ruang pada penyimpanan

Kehabisan ruang atau space pada perangkat akan mengakibatkan performa melambat. Hal semacam ini bisa terjadi pada semua jenis perangkat komunikasi modern saat ini, bukan hanya Android. Yang perlu Anda lakukan hanyalah mengatur agar ruang penyimpanan kembali bisa bernapas.

Caranya sangat mudah. Anda hanya perlu membuang aplikasi dan game yang tidak diperlukan lagi. Buang juga berkas-berkas, seperti foto, gambar, audio maupun video sampah. Semakin luas ruang penyimpanan, maka performa Android akan semakin baik, bahkan jika Anda melakukan multi tasking.

  1. Hindari semaksimal mungkin penggunaan widget

Widget dapat menguras sumber daya perangkat Android Anda. Membuat eksekusi aplikasi, bahkan menggulir menjadi lemot. Semakin banyak widget, maka dampaknya akan semakin terasa. Untuk itu, ada baiknya gunakan widget yang memang benar-benar diperlukan saja.

Selain widget, hal ini juga berlaku untuk penggunaan wallpaper bergerak, animasi serta efek-efek ekstra. Mungkin untuk tampilan default, yang seperti ini tidak banyak, atau bahkan tidak ada. Namun bagi Anda yang menggunakan launcher tertentu, biasanya ada efek-efek khusus yang benar-benar bisa membuat Android menjadi lemot. Olehnya, hindari hal-hal semacam itu jika Anda ingin perangkat bergerak dengan lancar setiap saat.

  1. Gunakan anti virus

Jika Anda sering berinternet ataupun berbagi data dengan perangkat lain, maka kemungkinan terjangkit malware dan virus amat besar. Di sini virus bisa berdampak banyak pada performa Android, termasuk juga berdampak pada kecepatan serta pengisian baterai. Untuk itu, gunakanlah setidaknya satu aplikasi anti virus ataupun aplikasi manajemen data dan keamanan sejenisnya.

  1. Tidak berlebihan

Android tetaplah suatu sistem. Terlalu banyak berpikir bisa membuat mesin, khususnya RAM memanas, sama seperti TV atau komputer yang terlalu lama digunakan. Untuk itu, cara mengatasi Android lemot selanjutnya adalah dengan menggunakan perangkat Anda tersebut dengan wajar.

Beri waktu jeda pada setiap pemakaian agar mesin mendingin. Hapus juga aplikasi yang berjalan di belakang, yang biasanya masuk ke dalam mode multi tasking. Meski memudahkan, jika aplikasi-aplikasi tersebut tidak dibutuhkan maka hanya akan terlihat seperti sampah.

  1. Restart

Cara mengatasi Android lemot yang terakhir adalah dengan melakukan restart. Memang cara ini tidak akan benar-benar menghilangkan masalah hingga ke akar. Namun jika Anda ingin pertolongan pertama, untuk menghindari hang, lag, crash, dan sejenisnya, maka restart dapat dilakukan. Namun pastikan soft restart yang Anda pakai.

Incoming search terms:

android loading lama
Cara Mengatasi Android Lemot / Loading Lama | Balqish Annur Qaishah | 4.5