Begini Cara Melaporkan Berita Hoax di Facebook dengan Mudah

Cara Melaporkan Berita Hoax di Facebook dengan Mudah – Sosial media saat ini sudah menjadi media utama bagi semua orang. Segala macam infromasi bisa didapatkan dengan mudah dan juga tersebar dengan luas. Namun, dengan kemudahan informasi tersebut ternyata banyak dimanfaatkan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab. Mereka memanfaatkan situasi tersebut untuk membuat berita palsu atau lebih populer dengan nama hoax. Berita hoax tersebut bisa berdampak viral kepada siapaun dan bisa menyebabkan kerugian. Oleh karena itu bermunculan pula lembaga atau fasilitas lain di sosial media untuk mencegah berita hoax tersebut. Anda pun bisa turut melaporkan berita hoax tersebut, salah satunya adalah melalui facebook. Lalu, bagaimana cara melaporkan berita hoax di facebook tersebut? Berikut ulasannya!

cara-melaporkan-berita-hoax-di-facebook

Advertisement

Langkah Cara Melaporkan Berita Hoax di Facebook

  1. Klik Tanda Segitiga Terbalik Pada Posting

Cara yang berikut ini memang belum banyak yang mengetahui disebabkan facebook setiap waktu yang sellau mengalami perubahan dan pengguna hanya tahu facebook sebatas membuat status serta berinterkasi dengan orang-orang lewat dunia maya.

hoax

Jika Anda menemukan berita hoax yang mengganggu langkah pertama adalah mengklik tanda segitiga terbalik yang berada di sebelah kanan atas postingan status rekan atau teman Anda yang menyebarkan berita hoax.

  1. Pilih “Laporkan Kiriman” atau “Repost Post”

Langkah selanjutnya adalah memilih menu “laporkan kiriman” atau “Repost Post” jika ditulis ke dalam bahasa Inggris. Kata tersebut disesuaikan dengan settingan bahasa yang Anda gunakan.

hoax1

  1. Pilih 3 Pilihan Alasan yang Mewakili Postingan Status teman Anda

Ada 3 alasan mengapa Anda harus melaporkan postingan tersebut.

  • Pertama adalah menggangu dan tidak menarik,
  • Kedua adalah Menurut saya ini tidak seharusnya di facebook
  • Ketiga Ini adalah SPAM

Nah, untuk berita hoax biasanya dipilih nomor yang kedua.

  1. Pilihan Berdasarkan Situasi dan Kondisi

Setelah memilih nomor dua, akan ada lagi pemberitahuan lain yang memang lebih spesifikasi lagi. Apakah status tersebut menyinggung agama, suku, Ras, kekerasan, seksual, bahasa kasar, propoganda, dan lain sebagainya.

hoax2

  1. Pilih “Kirim ke Facebook”

Setelah mengikuti dan memilih yang sesaui dengan yang ingin Anda laporkan, maka Anda akan terhubung dengan pilihan akhir. Disitu akan tertulis, sepeti berikut ini:

  • Berhenti mengikuti pengguna
  • Blokir Pengguna
  • Kirimkan ke Facebook

Jika Anda memilih dua pilihan di atas berhenti mengikuti dan blokir , maka si pengguna akan terus menyebarkan “berita hoax”. Namun, jika Anda mengirim ke facebook mereka akan menindaklanjuti dan jika terbukti, akun dari pengguna akan diblokir oleh pihak facebook serta akan dimasukan ke dalam “blacklist” versi mereka.

hoax4

Demikianlah informasi mengenai Cara Melaporkan Berita Hoax di Facebook. Semoga pengguna facebook bisa lebih bijak lagi dalam penggunaannya dan penyebar berita hoax bisa jera. Semoga bermanfaat!

Begini Cara Melaporkan Berita Hoax di Facebook dengan Mudah | Sundus Afifah | 4.5