Apa itu Kalori dan Begini Mudahnya Cara Menghitung Kalori

Mudahnya cara menghitung kalori – Kalori selalu dibutuhkan untuk tubuh. Namun kalori yang dibutuhkan, sebaiknya tidak  terlalu tinggi ataupun terlalu rendah.

Jika hal tersebut terjadi, tentunya akan berakibat yang tidak baik bagi tubuh Anda, terutama kesehatan tubuh. Perlu Anda ketahui bahwa kalori memang sangat penting bagi tubuh karena mampu membantu beberapa organ tubuh agar berfungsi dengan baik seperti paru-paru dan jantung.

Seperti yang kita ketahui bahwa kalori merupakan energi yang selalu dibutuhkan oleh tubuh. Dengan demikian Anda bisa beraktivitas serta mampu menjalankanya dengan baik. Kali ini kami membahas Apa itu Kalori dan Begini Mudahnya Cara Menghitung Kalori.

 

Apa itu Kalori?

Kalori merupakan jumlah energi yang didapatkan dari asupan makanan dan minuman sehari-hari atau energy yang telah dibakar pada saat melakukan aktivitas sehari-hari. Kalori selalu dibutuhkan manusia supaya bisa beraktivitas dengan baik.

Jika Anda mengkonsumsi kalori terlalu rendah ataupun terlalu tinggi, akan bisa berakibat tidak baik bagi tubuh Anda yang mana akan beresiko pada kesehatan Anda. Oleh sebab itu, konsumsilah kalori dengan seimbang atau dengan tepat.

Lalu seperti apa sih cara perhitungan kalori yang tepat bagi tubuh? Nah nanti akan kami bahas cara menghitung kalori yang tepat bagi tubuh ya. Jika Anda sedang diet atau mencoba untuk menurunkan berat badan, tentunya sudah tidak asing lagi dengan apa itu kalori.

Setelah mengkonsumsi makanan ataupun minuman secara otomatis tubuh akan menggunakan energi itu. Energi yang didapatkan itu merupakan bahan bakar yang akan diguanakn untuk melakukan beberapa kegiatan atau aktivitas.

Lalu seberapa besar masalahnya kah jika mengkonsumsi asupan kalori yang tidak tepat? Tentu berbahaya bagi kesehatan. Seperti contoh jika Anda mengkonsumsi dengan asupan kalori yang terlalu tinggi akan mengakibatkan datangnya beberapa penyakit.

Adapun contoh penyakitnya seperti obesitas, penyakit jantung, stroke dan juga penyakit kanker. Kenapa itu bisa terjadi? Hal tersebut bisa terjadi karena asupan makanan yang berkalori tinggi mengandung gula yang diatas rata-rata.

Nah kandungan gula tersebut akan menjadi sumber kalori ekstra yang mana tidak dibutuhkan oleh tubuh . hal ini juga bisa menambah berat badan Anda menjadi lebih banyak.

Cara Menghitung Kalori

Lalu bagaimanakah cara menghitung asupan kalori yang tepat untuk tubuh. Ternyata kebutuhan asupan kalori antara wanita dan pria berbeda. Para pria lebih besar membutuhkan asupan kalori jika dibandingkan dnegan wanita.

Nah menurut Angka Kecukupan Gizi dari Kementrian Kesehatan Negara Indonesia, Kebutuhan kalori untuk pria yang berusia antara 30 hingga 49 tahun yakni 2625 kkal per harinya dan untuk wanita yang berusia antara 30 hingga 49 tahun sekitar 2150 kkal.

Namun perlu dipahami terlebih dahulu bahwa kebutuhan kalori setiap orang berbeda-beda dan dilihat dari tinggi badan, usia, kesehatan, gaya hidup, berat badan serta beberapa aktivitas yang dilakukan setiap harinya.

Adapun rumus menghitung Kebutuhan Kalori Total yaitu KKB + Aktivitas Fisik – Faktor Koreksi. Aktifitas fisik terbagi menjadi 3 yaitu aktivitas ringan (10%– 20%), aktivitas sedang (30% )dan aktivitas berat (40%).

Adapun faktor koreksi meliputi untuk usia 4 hingga 59 tahun nilai koreksinya yaitu minus 5%, untuk usia 60 – 69 tahun nilai koreksinya yaitu minus 10% dna untuk usia 70 tahun ke atas nila koreksinya yaitu minus 20%.

 

 

Apa itu Kalori dan Begini Mudahnya Cara Menghitung Kalori | Nurul | 4.5