4 Nama Posisi Pemain Bola Voli Lengkap Beserta Penjelasannya

Voli termasuk olahraga yang populer di Indonesia. Olahraga atau permainan ini sudah ada sejak tahun 1895, diciptakan oleh William G. Morgan. Setiap tim voli berisi 6 orang pemain yang masing-masing punya posisi. Ketahui apa saja sih posisi pemain bola voli.

Nama Posisi Pemain Voli dan Penjelasannya

Voli bisa dimainkan di indoor atau outdoor, panjang lapangannya adalah 18 meter sementara lebarnya 9 meter. Ada perbedaan tinggi untuk net putra dan putri, tinggi net untuk pemain pemain putra adalah 2,43 meter sedangkan untuk pemain putri 2,24 meter.

Setiap pemain di sebuah tim voli memiliki posisi dan tugasnya masing-masing. Para pemain harus memiliki pengetahuan mengenai posisi mereka agar bisa bermain sesuai dengan arahan dari pelatih dengan maksimal. Ada 4 posisi dalam satu tim voli.

Apabila Anda juga ingin mengetahuinya bisa lihat pembahasannya di bawah ini.

Posisi-posisi pemain voli antara lain server, spiker/ smasher, set-upper/ tosser, dan libero/ defender. Untuk lebih jelasnya, berikut ini penjelasan tiap posisi tersebut.

Server

Pemain yang posisinya sebagai server memiliki tugas untuk melakukan servis. Servis adalah melakukan penyajian bola pertama ketika pertandingan dimulai. Setiap pemain akan melakukan servis secara bergantian. Apabila sudah melakukannya maka pemain tersebut kembali lagi ke tengah lapangan kemudian posisinya berubah menjadi tosser atau spiker.

Spiker/Smasher

Pemain yang posisinya ini punya peran yang sangat vital bagi tim untuk mendapatkan poin. Mereka harus bisa melakukan pertahanan dan penyerangan. Para spiker posisinya ada di dekat net serta tosser.

Tugas dari spiker yang paling utama adalah menyerang lawan sampai mendapatkan poin. Selain tugas itu, spiker harus dapat melakukan blocking karena posisinya ada di paling depan.

Set-Upper / Tosser

Set-Upper atau Tosser memiliki peranan dalam mengatur serangan tim serta mengumpankan bola kepada smasher. Tosser juga memiliki hak dalam memberikan komando kepada tim serta menentukan jenis serangan apa yang harus dilakukan. Untuk menjadi seorang tosser maka pemain tersebut harus baik dan andal dalam memberikan umpan pada timnya. Serangan akan menjadi lebih maksimal apabila diberikan umpan yang baik.

Libero / Defender

Pemain yang ada dalam posisi ini fungsinya adalah pemain bertahan. Tugas utamanya adalah menjaga supaya serangan lawan bisa dikembalikan atau ditahan. Maka dari itu dia harus mengetahui arah dari serangan lawan juga harus menguasai passing atas dan bawah.

Libero bisa dengan bebas keluar masuk tapi dilarang untuk melakukan smash dan membantu blocking. Posisi libero ada di bagian belakang blocker jika tim sedang diserang lawan.

Meski pemain punya posisinya masing-masing tapi dalam peraturan bola voli, harus ada perputaran posisi antar pemain. Tentunya tugas mereka akan berganti juga. Perputaran ini akan dilakukan ketika adanya pergantian bola servis dan yang bergantian hanya pemain yang tugasnya melakukan servis. Perputaran dilakukan dengan mengikuti arah jarum jam.

Itulah dia informasi tentang posisi pemain voli beserta penjelasannya. Untuk informasi lebih lanjut anda bisa kunjungi desabola

4 Nama Posisi Pemain Bola Voli Lengkap Beserta Penjelasannya | Khisma | 4.5