4 Manfaat Game Untuk Anak Yang Perlu Diketahui

Manfaat Game Untuk Anak – Tidak dipungkiri lagi game menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi perkembangan anak. Perdebatan dampak video game di kalangan orangtua memang tidak ada habisnya, banyak orang yang menganggap video game berdampak negatif bagi anak. Anda sebagai orang tua perlu mengetahui tidak semua game mengajarkan kekerasan ataupun kata-kata kotor. Banyak di antaranya game yang bersifat edukatif sehingga Anda bisa mengambil manfaat game untuk anak Anda tersebut.

Game edukatif bisa membantu anak Anda untuk belajar banyak hal, seperti bahasa asing, strategi atau perencanaan, berhitung. Maka dari orang tua jangan melarang anak Anda bermain game karena hal itu justru akan membuat anak diam-diam bermain tanpa sepengetahuan dari Anda. Tugas Anda bantulah mereka untuk bisa mengatur waktu bermain dan bersekolah agar bisa berjalan seimbang sesuai dengan umur mereka. Berikut ini adalah manfaat game untuk anak Anda.

Advertisement

4 Manfaat Game Untuk Anak

Berikut Manfaat Bermain Game Untuk Anak:

Bisa Meningkatkan Koordinasi Mata dan Tangan
Peneletian oleh para pakar ilmuwan internasional maupun lokal, bermain game dipercaya dapat membantu anak untuk meningkatkan koordinasi mata dan tangan. Dampaknya anak Anda akan lebih cekatan dalam melakukan aktifitas yang membutuhkan ketrampilan koordinasi mata maupun tangan.

Bisa Meningkatkan Ketrampilan Strategi
Manfaat game untuk anak bisa mengajarkan mereka selalu berpikir cerdas untuk mengalahkan lawan. Anak Anda akan dituntut untuk kreatif dalam membuat strategi. Dalam hal ini game berjenis strategi ini sangat berdampak baik untuk kecerdasan otak sehingga pikiran menjadi lebih tajam sehingga mudah menyelesaikan masalah.

Mengajarkan Ilmu Akademis
Manfaat game untuk anak sebagai sarana belajar juga perlu Anda ketahui. Banyak permainan yang mengajarkan anak untuk belajar matematika, sains, bahasa Inggris, dan ilmu akademis yang lain dengan konsep menarik, aktraktif, dan juga interaktif. Karena di jaman sekarang banyak anak yang lebih memilih belajar melalui game daripada belajar dengan metode biasanya.

Mengajarkan Ketekunan
Bermain game bisa mengajarkan anak Anda ketekunan, saat anak kalah dalam permainan mereka pasti akan mencoba mencari cara agar menang. Hal ini akan menjadi modal penting di kehidupan nyata. Sifat positif pada saat mengalami kegagalan akan tertanam pada kepribadian mereka.

Walaupun manfaat game untuk anak terbilang banyak, bimbingan dan pengawasan Anda sebagai orang tua mutlak diperlukan terlebih untuk dalam pemilihan game yang sesuai dengan umur anak Anda. Namun batasan waktu bermain juga diingatkan, terkadang anak yang fokus main game lupa segalanya seperti lupa makan, lupa untuk mandi, bahkan lupa untuk belajar.

4 Manfaat Game Untuk Anak Yang Perlu Diketahui | Rico Tim Penulis | 4.5